Oct 02 2017

Kelebihan dan Kekurangan Coolpad Roar 3 !!

Saat ini Coolpad cukup konsisten dalam merilis perangkat unggulannya di pasar Indonesia, hal ini pula yang menjadikan produk dari pabrikan Coolpad cukup di minati oleh para pecinta smartphone. Salah satu smartphone yang cukup mendapat respon dari pecinta gadget tanah air adalah Coolpad Roar 3.

Coolpad Roar 3 sebagai smartphone produksi dari pihak Coolpad selain menawarkan harga bersahabat di kantong, spesifikasi yang di tawarkan di dalamnya juga cukup mumpuni di kelasnya. Hal ini yang membuat smartphone ini sepertinya akan di lirik oleh konsumen.

Di lepas dengan banderol harga sekitar 700 ribuan, smartphone ini menawarkan diagonal layar seluas 5.0 inci kualitas HD dengan dukungan panel IPS LCD yang dapat menyuguhkan saturasi warna lebih natural nan tajam.

Di sektor dapur pacu, Coolpad Roar 3 mengandalkan mesin besutan dari Qualcomm, yakni Snapdragon 410 berCPU Quad Core 1.2 Ghz yang di dalamnya sudah ada RAM berukuran 2 GB. Sehingga hasil kinerja yang di hasilkan akan bertenaga dan responsif.

Namun cukup di sayangkan. Bahwa, Coolpad Roar 3 hanya membekalkan memori internal sebesar 8 GB. Di mana memori seperti ini cukup kecil untuk di gunakan. Selain itu, Coolpad Roar 3 juga hanya memberikan sistem operasi Android KitKat.

Nah, untuk bagi kalian yang ingin mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Coolpad Roar 3 ini. Berikut kami akan merangkumnya di bawah ini. Yuk, kita simak …

Harga dan Spesifikasi Coolpad Roar 3

HARGA Rp 700 Ribuan
Layar 5.0 inci IPS LCD, 720 x 1280 pixels
Jaringan 4G LTE
Sistem Operasi Android v4.4 Kitkat
Chipset CPU Snapdragon 410 + GPU Adreno 306
Memori RAM 2 GB, Memori Internal 8 GB  + Micro SD upto 32 GB
Kamera Belakang 8 MP, LED Flash & Autofocus
Kamera Depan 5 MP
Fitur Lain Accelerometer, proximity, Ambientlight
Baterai Li-Po 2500 mAh
 Lihat Spesifikasi Selengkapnya…

Kelebihan dan Kekurangan Coolpad Roar 3

Kelebihan dan Kekurangan Coolpad Roar 3

Dari spesifikasi di atas, mimin akan mengulas beberapa Kelebihan dan Kekurangan Coolpad Roar 3 ini. Nampaknya lebih banyak kelebihannya, yah. Yuk simak selengkapnya di bawah ini …

Kelebihan Coolpad Roar 3

  • Di bekali jaringan 4G LTE untuk berselancar didunia maya dengan lancar dan nyaman.

  • Layar ideal 5.0 inci beresolusi 720 x 1280 pixel yang cukup enak di gunakan untuk bermain game atau menonton film – film bioskop.
  • Panel IPS LCD yang dapat memberikan kontras warna bagus dan jernih saat di gunakan.
  • Kerapatan layarnya yang mencapai ~294 ppi dapat menampilkan konten visual yang bagus
  • Dapat dengan mudah mengetahui informasi – infirmasi baru karena telah ada lampu LED Notificationnya.
  • Menampilkan UI yang cukup responsif serta nyaman untuk di gunakan karena menggunakan Cool UI v6.0 dari pihak Coolpad. 
  • Menggunakan GPU Adreno 306 yang sudah cukup bagus dalam mengatasi grafik yang akan di hasilkan.
  • Mendukung untuk di update ke OS Android paling baru, yang akan menambah sederet fitur baru nan keren ke dalamnya.
  • Kapasitas RAM berukuran 2 GB yang dapat menyeimbangkan kinerja prosesor dan dapat menaklukan multitasking cukup lancar.
  • Menggunakan kamera sebesar 8 MP yang dapat menghasilkan gambar cukup tajam, tanpa adanya pecah saat di print.
  • Mempunyai fitur Autofocus yang sangat berguna ketika menginginkan sebuah objek menjadi lebih fokus daripada yang lain.
  • Telah adanya lampu LED Flash untuk di gunakan di tempat – tempat yang kurang akan cahaya.
  • Mampu merekam sebuah video yang cukup berkualitas di mana video itu dapat beresolusi 1080p@30fps.
  • Mendukung konektivitas USB OTG yang berguna untuk melihat dan mengolola data – data yang tersimpan di sebuah flashdisk.
  • Daya baterai cukup tinggi 2500 mAh berjenis Li-Po yang terkenal dengan ketahanan baterai sangat baik.
  • Memudahkan penggunanya dengan desain baterai yang di gunakan adalah Removable.

Melihat tabel di atas, Coolpad Roar 3 ini memberikan layar HD sebesar 5,0 inci, beresolsi 720 x 1280 pixel dengan teknologi panel layar IPS LCD serta memiliki kerapatan layar mencapai ~294 ppi. Layar seperti ini tentunya sudah cukup bagus guna menghasilkan film – film yang berkualitas saat ingin di putar di smartphone ini.

Selain itu, layar seperti ini juga sangat berguna ketika ingin menggunakannya sebagai alat bermain game. Selain itu, Coolpad Roar 3 juga memberikan desain atau tampilan UI yang cukup cantik untuk di pandang. Cool UI v6.0 yang di bawa Coolpad Roar 3 ini membawakan suasana baru dalam tampilannya. Selain cantik, tentunya UI ini juga responsif untuk di gunakan.

Selanjutnya, kamera belakang sebesar 8 MP yang telah ada di Coolpad Roar 3 akan dapat di gunakan untuk merekam video berkualitas 1080p@30fps. Tak hanya itu. Kamera ini yang memiliki fitur Autofocus dan lampu LED Flash juga dapat menghasilkan gambar yang menarik.

Nah. setelah kalian merekam sebuah video dan ingin menyimpannya tetapi memori internal kalian penuh. Kalian tidak perlu khawatir. Karena Coolpad Roar 3 sudah mendukung konektivitas USB OTG untuk menyimpan video tadi di sebuah flashdisk, langsung dari smartphone ini.

Kekurangan Coolpad Roar 3

  • Tidak disertakan proteksi untuk melindungi layar dari goresan maupun benturan.

  • Desain yang di bawanya kurang begitu menarik di mata maupun di hati.
  • Memiliki ketebalan yang cukup atau bahkan sangat besar yang kurang begitu relevan untuk di gunakan.
  • Prosesor yang tertanam kurang begitu powerfull saat ingin di gunakan untuk melakukan mutitasking.
  • Masih mempercayakan sistem operasi Android v4.4 Kitkat yang tergolong sangat jadul.
  • Memori internal di bawa tergolong sangat kecil untuk menyimpan berbagai file.
  • Hanya menyediakan slot MicroSD yang hanya mampu menampung file mencapai 32 GB.
  • Tidak dilengkapi dengan fitur Finger Print untuk keamanannya.
  • Tidak mempunyai sensor yang cukup memadai untuk di gunakan.

Dengan harga sekitar 700 ribuan, Coolpad Roar 3 ternyata tidak memiliki pelindung di layarnya. Seperti Corning Gorilla Glass atau Dragontail. Selain itu, Coolpad Roar 3 ini ternyata juga hanya menggunakan OS Android v4.4 atau KitKat untuk pengoperasiannya.

OS yang di bawa oleh smartphone ini hanya membawakan fitur – fitur yang kurang begitu bagus di bandingkan OS Android di atasnya. Menurut mimin nih. Dengan harga segitu. OS Android yang di bawa oleh Coolpad Roar 3 minimal Lollipop atau bahkan Marsmalllow.

Selain itu, Coolpad Roar 3 memiliki bodi yang berketebalan mencapai 9,3 mm. Sebuah ketebalan yang menurut mimin sangat fantastis untuk smartphone ini. Hal ini benar – benar mengurangi kenyamanan saat menggunakannya. Apalagi membawanya.

Nah, untuk kinerja Coolpad Roar 3 yang mempercayakan kepada Snapdragon 401 ini tentu kurang begitu powerfull untuk di gunakan. Padahal RAM sebesar 2 GB yang tersemat harus di benahi dengan prosesor yang memadai agar kinerjanya bagus.

KESIMPULAN

Dari Kelebihan dan Kekurangan Coolpad Roar 3 diatas, dapat kita simpulkan bahwa spesifikasi yang di bawa Coolpad Roar 3 cukup standar untuk sebuah smartphone dengan harga 700 ribuan. Namun, menurut mimin. Smartphone ini kurang begitu wort it untuk di beli. Karena dengan harga sekitar 700 ribuan, kalian hanya akan di bekali dengan memori internal sebesar 8 GB dengan slot MicroSD yang maksimal di beri ruang sebesar 32 GB.

Selain itu, kalian juga hanya akan mendapat OS Android KitKat yang sangat tidak relevan untuk di gunakan di zaman sekarang. Walaupun hal ini masih bisa di atasi dengan mengupdatenya ke OS Android terbaru. Karena, sebenarnya Coolpad Roar 3 ini mendukung hal ini.

Nah, demikianlah informasi mengenai Kelebihan dan Kekurangan Coolpad Roar 3 yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.