«

»

Aug 01 2017

Kelebihan dan Kekurangan Google Pixel !!

Di luncurkan secara bersamaan dengan Google Pixel XL pada bulan Oktober tahun 2016 lalu, Google Pixel nampaknya akan membawakan beberapa hal yang menarik. Tidak seperti kakaknya, Google Pixel XL yang di banderol seharga 13,5 Jutaan Rupiah. Google Pixel hanya di banderol seharga 10 Jutaan Rupiah saja.

Advertisement

Dari harga yang di tawarkan, apakah spesifikasi yang di bawanya akan seimbang ? Nah, untuk mengetahui jawabannya. Mari, kita simak Kelebihan dan Kekurangan Google Pixel berikut…


>>  Segera Hadir  <<
Samsung
J5 Pro
Nokia
3
Samsung
Z4
Samsung
J7 Pro

Google Pixel yang mempunyai harga sekitar 10 jutaan, membawakan layar Full HD sebesar 5.0 inci dengan resolusi 1080 x 1920 pixel. Layar ini juga akan dipadukan dengan panel layar Amoled yang mempunyai kerapatan sebesar ~441 ppi. Sehingga, akan menghasilkan gambar atau visual yang bagus.

Untuk jaringannya sendiri mempunyai teknologi 4G LTE Cat 9. Di mana jaringan seperti ini dapat menghasilkan kecepatan internet mencapai 450 Mbps untuk download dan 50 Mbps untuk upload. Tapi, Google Pixel hanya menyediakan satu buah slot SIM. Dan itupun jenis Nano SIM.

Menurut mimin, jumlah slot SIM yang hanya satu ini tidak begitu nyaman untuk di gunakan karena kita tidak bisa memakai dua buah nomor dalam satu smartphone. Hal ini dapat menghambat produktivitas yang mimin punya. Dan mungkin kalian juga akan mengalami hal yang sama.

Hal ini tentu cukup mengecewakan karena untuk sebuah smartphone flagship, Google Pixel hanya menyediakan satu buah slot SIM. Dan hal ini juga terjadi dengan Google Pixel XL. Karena dengan harga 10 jutaan, kita bisa mendapatkan smartphone flagship lain yang menyediakan dua buah slot SIM.

Seperti Samsung Galaxy S7 yang hanya di hargai sekitar 7 jutaan atau Asus Zenfone 3 Deluxe yang bahkan dapat memberikan layar lebih besar, yakni 5,7 inci dan kamera yang juga lebih besar, yakni sebesar 23 MP. Tapi, Google Pixel tetap mempunyai kelebihan yang tidak di punyai kedua smartphone tadi.

Dan itu adalah….? Silahkan kalian baca dulu penjabaran dari kelebihan dan kekurangan Google Pixel berikut yang sudah kami buat daftar beserta penjelasannya di bawah ini. Dan jika kalian masih bingung dengan penjabaran kelebihan dan kekurangan Google Pixel yang sudah kami buat, kalian bisa mencurahkannya di kolom komentar 🙂

Harga & Spesifikasi Google Pixel

Harga 9,9 Jutaan Rupiah
Layar 5.0 inci, AMOLED Capacitive, 1080 x 1920 pixel. ~441 ppi
Jaringan 4G LTE Cat 9 452/50 Mbps
Sistem Operasi Android v7.1 Nougat
Chipset CPU Snapdragon 821 + GPU Adreno 530
Memori RAM : 4 GB, Internal : 32/128 GB, MicroSD : Tidak ada
Kamera Belakang 12.3 MP, PDAF, Dual LED Flash
Kamera Depan 8 MP
Fitur Lain Fingerprint, Proximity, Accelerometer, Ambient Light, Gyrocope, Compass, Barometer
Baterai 2770 mAh
 Lihat Spesifikasi Selengkapnya …

Kelebihan dan Kekurangan Google Pixel

Kelebihan dan Kekurangan Google Pixel

Dari spesifikasi di atas, mimin akan mencoba memaparkan lebih lanjut beberapa Kelebihan dan kekurangan Google Pixel ini. Nampaknya lebih banyak unggulnya yah. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini :

Kelebihan Google Pixel

  • Membawa bahan material body yang premium, yakni Metal dan Kaca. Perpaduan keduanya menghasilkan fell yang enak.
  • Menggunakan jaringan 4G LTE Cat 9, kecepatan dalam berinternetan tidak di ragukan lagi.
  • Lebar layar sebesar 5.0 inci yang di bawanya terasa pas untuk di genggam di tangan baik itu satu tangan atau dua tangan.
  • Adanya pelindung layar Corning Gorilla Glass generasi ke 4 untuk melindunginya dari goresan saat di gunakan sehari – hari.
  • Panel layar Amoled yang di pakainya dapat menampilkan gambar dengan kontras warna dan ketajaman yang bagus.
  • Dapat memainkan video dengan lancar tanpa perlu khawatir akan terdapat pecahan karena layar yang di usung beresolusi 1080 x 1920 atau Full HD.
  • Memakai sistem operasi Android terbaru, yaitu Nougat v7.1 yang mempunyai UI responsif saat du gunakan.
  • Dapat melakukan aktivitas multitasking secara lancar berkat prosesor Snapdragon 821 dan RAM sebesar 4 GB.
  • Aktivitas yang memerlukan pengolahan grafis tinggi dapat di atasi dengan GPU Adreno 503nya.
  • Memori internal yang di pakai mencapai 128 GB sehingga file -file besar dengan mudah dapat masuk secara leluasa.
  • Dapat menghasilkan video dengan kualitas bagus karena adanya fitur EIS di kamera utamanya.
  • Kualitas perekaman video pada kamera utamanya mampu di mencapai 2160@30fps yang begitu mengagumkan untuk di lihat.
  • Kamera depannya yang sebesar 8 MP dapat merekam video berkualitas HD di mana sangat enak untuk di gunakan video call menggunakan Skype.
  • Menggunakan kabel MicroUSB tipe C atau berversi 3.0 yang sangat cepat dalam pengisian daya baterai atau sebuah data ke PC.
  • Di dampingi dengan fitur Fast Charging untuk pengisian daya yang lebih cepat agar aktivitas mendadak dapat langsung teratasi.

Seperti yang sudah saya, singgung sebelumnya. Bahwa, Google Pixel mempunyai beberapa kelebihan yang tidak di miliki smartphone lain seperti Samsung Galaxy S7 dan Asus Zenfone 3 Delux. Dan salah satu kelebihannya adalah sistem operasi Android yang di bawa.

Saat Asus Zenfone 3 Deluxe membawakan sistem operasi versi 6.0 atau lebih di kenal dengan Marsmallow, Google Pixel sudah membawa sistem operasi Android terbaru, yaitu versi 7.1 atau juga lebih di kenal dengan nama Nougat. Hal ini tentu merupakan hal yang sangat baik karena kita akan lebih mendapatkan berbagai fitur – fitur terbaru dari Google.

Dan saat Samsung Galaxy S7 membawakan kamera depan sebesar 5 MP, Google Pixel membawa kamera depan sebesar 8 MP. Yang tentunya, hasil kamera dari Google Pixel akan lebih baik ketimbang dengan Samsung Galaxy S7.

Dan juga saat Samsung Galaxy S7 menggunakan kable USB berjenis tipe B atau versi 2.0 untuk aktivitas pengisian daya baterai atau mentrasfer file ke PC, Google Pixel telah membawakan kabel USB jenis terbaru, yaitu jenis tipe C atau versi 3.0. Jadi, Google Pixel akan jauh lebih cepat saat mengisi daya atau transfer file.

Kekurangan Google Pixel

  • Desain yang di bawa cukup aneh karena terdapat sebuah bidang persegi di bagian belakang atas smartphone.
  • Harga yang di tawarkan masih tergolong mahal.
  • Panel layar yang di bawa masih menggunakan Amoled.
  • Teknologi kartu Nano SIM yang di bawa masih belum terjual luas, jadi menyusahkan dalam pemasangannya.
  • Hanya meenyediakan satu buah slot kartu SIM yang menyusahkan ketika ingin memiliki 2 buah nomor untuk satu smartphone.
  • Masih tidak adanya dukungan kartu memori untuk menambah kapasitas memori penyimpanan. Persis sama dengan Google Pixel XL.
  • Tidak bisa mendengarkan lagu atau berita favorit di stasiun radio karena tidak di lengkapi dengan fitur RadioFM.
  • Body yang di bawa cukup tebal, yaitu 8,5 mm. Sehingga kenyamanan dalam menggenggamnya akan sedikit berkurang.
  • Hanya membawakan varian 3 buah warna yakni Quite Black, Very Silver dan Really Blue.
  • Jenis baterai Non – Removable yang memiliki kapasitas daya cukup kecil.

Dari data di atas, Google Pixel hanya memiliki bebrapa kekurangan yang sebenarnya tidak terlalu besar. Hanya beberapa kekurangan kecil yang di miliki oleh Google Pixel.

Seperti hanya tersedianya satu buah slot kartu SIM, tidak mendukung konektifitas RadioFM, masih di gunakannya panel jenis Amoled yang akan lebih baik lagi kalau menggunakan Super Amoled dan sedikitnya varian warna yang di tawarkan oleh Google.

KESIMPULAN

Menurut mimin secara keseluruhan, Google Pixel sepertinya tidak cukup seimbang antara kelebihan dan kekurangan yang di milikinya. Apalagi, karena Google Pixel di banderol seharga 10 Jutaan Rupiah. Google Pixel masih jauh kalau di bilang smartphone bersahabat.

Karena jika kalian melihat spesifikasi yang di miliki Samsung Galaxy S7 secara keseluruhan. Google Pixel tidak cukup wort it untuk di beli. Dan jika kalian juga membaca spesifikasi yang di bawa oleh Asus Zenfone 3 Deluxe secara detail. Maka, mungkin kalian akan berpikiran dua kali ketika hendak membeli Google Pixel ini.

Tapi, walaupun begitu. Smartphone garapan Google ini tentu tetap punya fell tersendiri bagi beberapa pecinta smartphone. Khususnya bagi kalian yang sangat ingin selalu update dalam perkembangan fitur – fitur baru yang di berikan kepada OS tercintanya, yaitu OS Android.

Karena Google Pixel akan selalu mendapatkan antrian pertama untuk mendapatkan update OS yang membawakan berbagai fitur serta performa yang lebih baik dari Google.

Advertisement

Nah, demikianlah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Google Pixel yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share, ya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>